
Government
Pembelajaran Berbasis Program ABCGP
Program ACBFG Integrated School adalah program integratif - kolaboratif Academic (sekolah),
Business (Perusahaan), Community (masyarakat), Keluarga (Family) dan Government (Pemerintah).
Secara umum integrasi dan kolaborasi program ini sifatnya timbal balik dan saling mengisi. Tidak
saja
sekolah harus mendapat dukungan dari dari perusahaan, masarakat, pemerintah dan keluarga/ orang tua.
Tapi sekolah harus memiliki model kolaborasi melalui program yang mampu menghubungkan semua
kebutuhan/kepentingan para pihak dalam satu kolaborasi yang saling memajukan. Model kolaborasi ini
harus
dikembangkan dan diperbaiki terus menerus. Ada beberapa nilai-nilai yang menjadi titik temu untuk
mengintegrasikan kolaborasi 5 unsur ini.
- Semakin penting mendidik anak dengan penekanan pembentukan akhlakul karimah untuk tumpuan keluarga, masarakat, bangsa dan agama dimasa depan.
- Kemajuan pembangunan diberbagai bidang telah menciptakan kelas masarakat mapan di kawasan mapan. Namun jurang antara yang kaya dan yang miskin semakin dalam. Ditengah komplek mapan dengan kasat mata sering di jumpai kelompok masyarakat bekekurangan di sekitar komplek tersebut.
- Lembaga sekolah/pendidikan dianggap lembaga yang paling banyak menghasilkan angka kegagalan dalam pencapaian target produknya dibandingkan lembaga lainnya. Banyak sekolah/pendidikan menghasilkan lulusannya tanpa dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Tidak mampu melanjutkan pendidikan dan lainnya. Kegagalan itu bisa mencapai 50 persen bahkan lebih.
- Pendidikan berbasis lingkungan dan kehidupan menjadi solusi untuk menjadikan sistem pendidikan menjadi pusat perbaikan keluarga, budaya perusahaan, budaya masarakat, budaya birokrasi dan menjadi motor perbaikan di lingkungan pendidikan sendiri.
- Saatnya membangun sekolah yang tidak biasa saja. Yang peduli terhadap sesama manusia, bumi dan masa depan.
5. Program Terkait Government
Pendidikan anak tidak lepas dari peranan seluruh anggota keluarga. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi Keluarga sebagai Fungsi Edukatif, dimana keluarga merupakan lingkungan yang pertama bagi anak. Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, yaitu ayah dan ibu yang merupakan figur sentral dalam pendidikan. Sehingga ekosistem ABCFG menempatkan keluarga sebagai bagian penting pengembangan pendidikan di sekolah dengan program:
- Menjadikan Skill Village Islamic School Tempat Uji Kompetensi dunia usaha dan pemerintah daerah.
- Kerjasama sekolah langsung dengan pemerintahan Kabupaten, Kecamatan, Desa, Dusun, RW dan RT dibidang tatakelola, pengembangan SDM, BUMDes, UMKM, Pertanian, Tenaga Kerja, dan lainnya yang terkait.
- Program organisasi siswa intra sekolah bekerja sama dengan pemerintahan daerah sampai tingkat RT.